+62 813-5232-0759
cu_bonaventura@hotmail.com
Singkawang, Kalimantan Barat, INA. 79251
blog-img
27/04/2022

Prosedur Pengajuan Pinjaman di CU Bonaventura

bibil | Produk Pelayanan | 119

Prosedur Pinjaman adalah tahapan-tahapan pinjaman dimulai dari pengajuan permohonan pinjaman, wawancara pinjaman, survey lapangan, analisis pinjaman, putusan pinjaman, diklat kredit, pencairan pinjaman dan monitoring pasca pencairan pinjaman.

Perlu diingat bahwa yang berhak meminjam hanya anggota CU Bonaventura. Anggota baru yang akan meminjam pertama kali, pinjamannya dapat disetujui paling banyak sebesar Simpanan Wajib dan Sapala.

Prosedur Pinjaman ini dibuat agar pinjaman yang diberikan dapat diangsur dengan lancar sekaligus bermanfaat bagi anggota. Berikut penjelasan singkat mengenai tahapan dalam meminjam di CU Bonaventura.

Pengajuan Permohonan Pinjaman

Anggota yang akan meminjam dapat mengambil dan mengisi Surat Permohonan Pinjaman (SPP) dan Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keluarga (LPPK). SPP dan LPPK yang sudah terisi lengkap diajukan oleh calon peminjam kepada Bagian Kredit dengan dilampiri persyaratan administrasi berupa Fotocopy KTP peminjam dan suami/istri untuk yang telah menikah sebanyak 1 lembar, Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar, Buku anggota pemohon pinjaman dan keluarga batih, surat bukti/dokumen kepemilikan dan/atau barang jaminan. Bagian Kredit akan meneliti kelengkapan data, tanda tangan pemohon, dan dokumen pendukung serta melakukan validasi  keanggotaan. Kemudian Bagian Kredit akan menyampaikan jadwal wawancara pinjaman kepada pemohon.

Wawancara Pinjaman

Setiap pemohon pinjaman harus diwawancarai oleh bagian kredit untuk mendapatkan informasi tentang tujuan pinjaman, manfaat pinjaman, kebiasaan dan pola hidup, historis pinjaman dan pengalaman meminjam, kemampuan mengembalikan, kesediaan mengembalikan, kondisi keuangan pemohon. Informasi ini akan digunakan untuk memutuskan persetujuan pinjaman. Pemohon pinjaman yang telah menikah sangat dianjurkan untuk mengikutsertakan pasangannya saat wawancara.

Survey Lapangan

Survey lapangan dilakukan untuk memeriksa kebenaran data yang diberikan pemohon dalam SPP,LPPK, dan wawancara.  Survey juga diperlukan untuk mengetahui tempat tinggal pemohon dan kondisi barang jaminan. Staf kredit dapat menemui pemohon untuk bertanya atau mendokumentasikan hal-hal yang dianggap perlu berkaitan dengan pinjaman. Hasil survey juga dijadikan bahan untuk memutuskan persetujuan pinjaman pemohon.

Analisis Pinjaman

Analisis pinjaman dilakukan untuk menilai kelayakan pinjaman. Analisis pinjaman meliputi Surat Permohonan Pinjaman (SPP), Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keluarga (LPPK), dokumen administrasi lainnya, hasil wawancara, hasil survey, dan analisis 5 C (Capacity to Pay, Character, Capital Status, Collateral  dan Credit Condition).

Putusan Pinjaman

Setelah permohonan pinjaman anggota dianalisis maka hasilnya adalah Putusan Pinjaman. Putusan pinjaman dapat berupa persetujuan atau penolakan yang ditandatangani oleh pengambil keputusan pinjaman. Putusan pinjaman disampaikan secara langsung kepada Pemohon disertai dengan surat keputusan yang ditandatangani oleh pengambil keputusan pinjaman. Apabila disetujui maka tahap berikutnya adalah Diklat Kredit dan Pencairan Pinjaman.

Diklat Kredit

Calon peminjam yang telah menerima Surat Persetujuan Permohonan Pinjaman (SPPP) wajib mengikuti diklat kredit secara penuh. Diklat Kredit adalah diklat yang dilaksanakan bagi  anggota CU Bonaventura yang bertujuan untuk memastikan Anggota menggunakan pinjaman sesuai tujuan secara bijaksana dan Anggota mengangsur pinjaman tepat waktu dan tepat jumlah (TWTJ).

Pencairan Pinjaman

Usai menerima Putusan Kredit dan mengikuti Diklat Kredit maka pinjaman anggota dapat dicairkan. Bagian kredit akan menyiapkan berkas pencairan pinjaman. Lalu staf bagian kredit akan menjelaskan tentang surat persetujuan pinjaman, isi perjanjian pinjaman, jadwal angsuran pinjaman setiap bulan, rincian pencairan pinjaman. Berikutnya Anggota menandatangani berkas pinjaman tersebut termasuk slip-slip transaksi pinjaman. Anggota juga menerima salinan berkas pinjaman tersebut. Pencairan pinjaman dilakukan di bagian keuangan.

Setiap pencairan pinjaman dikenakan administrasi pelayanan pinjaman  sebesar 1 % dari pencairan pinjaman dan meterai tempel  10.000  untuk  Surat Perjanjian Pinjaman dan rincian pencairan pinjaman.

Pembayaran Angsuran

Setelah pinjaman diberikan, tentunya peminjam wajib mengangsur setiap bulan sesuai perjanjian. Jagalah selalu prestasi pinjaman anda dengan menabung dan mengangsur tepat waktu tepat janji.

Bagikan Ke:

Terbaru






Populer