kopditcubonaventura@gmail.com
0811-5791-300

Simpanan Sapala

Sapala merupakan tabungan yang bertujuan untuk membangun dana hari tua. Ketentuan Umum tentang Simpanan Sapala sebagai berikut :

  1. Penabung di Sapala adalah anggota CU Bonaventura.
  2. Simpanan awal minimal Rp25.000,-.
  3. Penyetoran simpanan maksimal Rp1.000.000,-per bulan
  4. Penyetoran simpanan boleh lebih dari satu kali dalam sebulan.
  5. Jasa Simpanan Sapala untuk anggota biasa sebesar  5% pertahun untuk penabung jika menyetor simpanan wajib, modal kepemilikan minimal 12,5% dari Sapala, mempunyai pinjaman minimal 10% dari Sapala dan mengangsur pinjaman sesuai perjanjian. Jasa Simpanan Sapala untuk anggota biasa sebesar  1% pertahun, jika tidak memenuhi salah satu atau lebih persyaratan tersebut di atas. Anggota tidak mendapat jasa simpanan apabila menunggak angsuran pinjaman atau lebih dari 2 (dua) bulan berturut-turut tidak menyetor simpanan wajib
  6. Untuk Anggota Luar Biasa dan anggota berusia 70 tahun ke atas mendapat balas jasa simpanan sebesar 5% pertahun jika menyetor simpanan wajib dan modal kepemilikan minimal 12,5% dari Sapala. Anggota Luar Biasa dan anggota berusia 70 tahun ke atas mendapat balas jasa simpanan sebesar 1% pertahun, jika tidak memenuhi persyaratan di atas. Anggota Luar Biasa dan anggota berusia 70 tahun ke atas tidak mendapat Jasa simpanan apabila  menunggak angsuran pinjaman (anggota berusia 70 tahun ke atas) atau lebih dari 2 (dua) bulan berturut-turut tidak menyetor simpanan wajib.
  7. Jasa simpanan dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar.
  8. Perubahan Jasa Simpanan ditetapkan melalui Keputusan Pengurus.
  9. Anggota dapat melakukan penarikan simpanan dengan ketentuan tidak mempunyai pinjaman dan jika total saldo pinjaman lebih kecil dari total saldo simpanan yang dijaminkan. Saldo simpanan setelah penarikan minimal 110% dari total saldo pinjaman.
  10. Jasa Simpanan Sapala dapat ditarik setiap bulan untuk mengangsur pinjaman, dengan ketentuan jumlah yang ditarik maksimal sebesar Jasa Simpanan bulan sebelumnya.
  11. Saldo simpanan setelah penarikan minimum Rp50.000,-
  12. Simpanan Sapala dapat overbooking (dipindahbukukan) ke Simpanan Batuah, Paramu, Siraya dan Langko dalam hal pemenuhan produk berpadanan.
  13. Biaya ganti buku karena rusak atau hilang Rp5.000,-
  14. Biaya penutupan Simpanan Rp50.000,-
  15. Sapala dapat dijadikan jaminan dan indikator penunjang pinjaman.
  16. Sapala dilindungi oleh JALINAN Puskopdit BKCU Kalimantan Skd, jika terjadi risiko meninggal dunia.
0 Komentar
Tinggalkan Komentar

Video